Minggu, 12 April 2020

MENULIS BUKU


Belajar Menulis Gelombang 9
Pertemuan 2         : Sabtu, 11 April 2020
Waktu                   : Pukul 19.00 – 21.00 WIB
Pemateri               Wijaya Kusumah, S.Pd, M.Pd
Topik                    : Menulis  Buku
Peresume              : Dwi Sumarno
Email                    arnogading@gmail.com
Blog                      : https://arnogading.blogspot.com/

MENULIS BUKU

Semua  kawan kawan yg sudah ikut berkumpul di wa group ini dan untuk  luruskan niat dari sekarang mulai menulis dan menerbitkan buku. Semua peserta wajib menyelesaikan bukunya di akhir pertemuan kuliah online dan sdh mulai fokus untuk mencicil sedikit demi sedikit. Kurikulum materi dan narasumber sudah omjay buat di blog http://omjaylabs.wordpress.com
buku yg dibuat : Pertama buku hasil resume kuliah online dari narsum dan kedua buku bebas dari apa yg kita sukai dan kuasai.
Ikatlah ilmu dgn cara menuliskannya dan posting di blog agar banyak orang yang membaca karya tulis kita di internet. Materi yang diberikan oleh para narasumber akan bagus sekali bila dibagikan kepada guru guru yang belum sempat mengikuti program belajar menulis gratis dari PGRI. Kita biasakan berbagi ilmu dan pengalaman dalam bentuk tulisan.  Sebaik baik manusia adalah yang mau belajar dan mengajarkannya.
Assalamualaikum...om jay banyak beberapa guru yang curhat ke saya tentang penulisan buku. Saya kasih semangat dan juga trik untuk menulis versi saya. Serta saya beri penjelasan beberapa materi yang belum mereka pahami. Sebetulnya bagi saya materi2 yang ada di pembelajaran ini ada saling keterkaitan satu dengan yang lain. Apkh lngkah saya ini boleh saya lakukan lagi agar teman-teman  punya semangat utk membuat buku karya mereka sendiri ?
Walaikum salam. Setuju banget. Inilah yang saya sebut kolaborasi. Kita tak hanya mementingkan diri sendiri tapi juga mengajak peserta lain yang kesulitan untuk menulis menjadi terbantu untuk menerbitkan bukunya. Kurang banyak membaca membuat tulisan kita kurang berkualitas dan di belajar menulis inilah kita ditantang untuk berlatih menulis. Kita belajar bersama untuk menerbitkan buku. Nara sumber yang baik hati telah memberikan semua ilmunya kepada kita dan disinilah kita perlu meluruskan niat menerbitkan buku.
Assalamualaikum om Jay, ijin bertanya,,jika menulis sebuah buku biasanya ada bagian daftar pustaka. Sementara jika hasil resume pembelajaran kita selama kelas online ini dibukukan, berarti buku yang terbit, tanpa daftar pustaka,apakah boleh? Ataukah kita harus melengkapi resume kita dengan buku-buku dari para narasumber?
Walaikum salam. Buku buku dari para nara sumber bisa kita jadikan daftar pustaka dan juga tulisan kawan kawan peserta yang bagus dan keren di blog bisa dijadikan daftar pustaka. Itulah mengapa saya mengajak kawan kawan untuk saling berkunjung dan berkomentar ke blog peserta lainnya. Blog walking itu penting agar kita menemukan gaya menulis diri sendiri. Sebab setiap orang punya gaya menulis yang berbeda beda.
Assalamualaikum Omjay . untuk membuat tulisan kita menjadi buku, kita butuh otline atau kerangka bagian apa saja yang akan kita buat tulisan termasuk tema  terkadang ketika sudah muncul ide menulis ternyata buku-buku sejenis sudah banyak yang terbit penulisnya pun orang hebat-hebat ,  bagaimana menyikapinya , terus dengan ide kita atau cari tema lain yang beda dengan tulisan orang lain
Walaikum salam. Inilah yang saya sebut kita harus mampu mengembangkan kreativitas dan imajinasi. Saat kita menulis, usahakan jangan copy paste tulisan orang lain. Sehingga apapun yang kita tuliskan menghasilkan informasi baru bagi pembaca. Buatlah setiap pertemuan kuliah online kita bermakna dan membuat kita menemukan ide segar dalam menulis. Anda perlu membeli buku uktub karya akbar zainudin dan buku Menulis tanpa ide karya budiman hakim.  Dari resume yang dikirimkan peserta ke email, saya menemukan banyak peserta yang sudah menemukan idenya dan telah berhasil membuat tulisannya enak dibaca. Seperti tulisan ibu Tere yang setiap hari bisa mendapatkan 8000 orang netizen berkunjung ke blognya.
Assalamualaikum om jay,setelah membuka slet yang om papar kan digroup apakah seorang penulis itu boleh menulis apa yang dia tulis, atau harus spesifik
Walaikum salam. Tuliskan saja apa yg disukai dan kuasai. Materi pak imam rahmadi sangat bagus untuk dibaca kembali di blog beliau. Kecuali kita mau membuat buku ajar.
Assalamualaikum. om jay mau tanya. saya mengajar teknik sepeda motor. Apakah memungkinkan kalau menulis buku materi pembelajaran. tapi sumber materi diambil dari beberapa sumber (bukan bersumber dari saya pribadi)?
Walaikum salam. Sangat memunngkinkan. Org bijak bilang pengalaman adalah guru yang terbaik. Cobalah meramu semua bahan bacaan menjadi tulisan yg lebih bermutu dan mencerahkan pembaca.
Assalamu'alaikum om..  Pertama. Dari awal om nulis di blog.. Tulisan apa yang om tulis? Hingga mengantarkan om menjadi blogger ternama? Yg ke 2 bagaimana menumbuhkn kreatifitas kita sebagai guru om?
Walaikum salam. Terus terang saya bingung mau menulis apa ketika bikin blog. Hari itu saya buat blog dan hari itu pula saya meninggalkannya. Namun saya kemudian terinspirasi dengan blog pak agus dan pak dedi. Dua orang kakak beradik ini menuntun saya menjadi Blogger ternama.
Saya banyak belajar dari blog http//gurukreatif.wordpress.com dan http://dedidwitagama.wordpress.com . Akhirnya saya menemukan mantra ajaib menulislah setiap hari dan buktikan apa yang terjadi. Anda dapat mengunduh bukunya gratis di http://wijayalabs.wordpress.com
1.       Adakah pengalaman tdk menyenangkan selama jadi guru bloger?
Ada saat tulisan kita diambil org lain tanpa mencantumkan nama kita.
2.       Apakah jd guru Blogger semata2 krn OmJay sering menulis d blog?
Negara kita adalah negara kepulauan. Menulis di blog adalah cara saya berbagi ilmu dan pengalaman.
3.       Saran OmJay agar bisa stabil. Menulis di Blog?
Saran saya menulislah dari hatimu agar engkau dapat bertemu pembaca setiamu blog yg anda kelola
Assalamualaikum Om Jay. Mohon Maaf, jujur saya masih minim ilmu disini. Saya tidak tahu apakah saya nanti mampu mengikuti atau tidak. Alasan pertama waktu saya hanya sedikit, kedua saya blm punya bloger dan belum tahu banyak tentang bloger dan pembuatannya. Jadi 2 hari ini maaf, saya baru mampu menyimak dan itupun belum tersimak semuanya. Mohon bimbingannya .
Walaikum salam. Semua kita diberikan waktu yang sama dan disinilah kepandaian kita diuji dalam mengelola waktu. Bila ibu kesulitan dalam membuat blog di blogger.com, dapat dibantu oleh pak Brian. Beliau adalah penulis buku blog yang bukunya best seller

Tidak ada komentar:

Posting Komentar